Jan 6, 2012

Indahnya Bandungku : 43 Jam Menikmati Bandung

Meskipun tinggal di Bogor, kota Bandung bukanlah kota yang asing buat saya. Saya asli keturunan orang Sumedang yang notabene sama-sama sunda dan berdekatan dengan Bandung, namun bukan berarti saya hapal seluk beluk tempat-tempat di Bandung, salah besar -__- karena selama ini apabila ke Bandung, yang saya lakukan hanya sebatas mengunjungi sanak saudara atau sedang study tour zaman SD dulu yang peraturannya super ketat, bisa dibilang pada saat itu saya belum benar-benar feel free menikmati setiap sudut kota Bandung yang dikenal sebagai kota Paris Van Java.

Kira-kira setahun yang lalu, saya mempunyai kesempatan berlibur ke Bandung, kali ini bersama teman lama di SMA. Sudah cukup lama memang, namun sampai saat ini masih berkesan, mengapa berkesan?, karena liburan pada saat itu cukup nekat karena agak sedikit dadakan, sampai-sampai rutenya pun searching via internet dan  coba cek review sana sini di blog orang yang memposting pengalamannya berlibur ke Bandung.

Jadilah kami ber-6 liburan ke Bandung dengan menggunakan kendaraan pribadi milik teman saya. Here we go!

4 jam di Punclut, Ciumbuleuit. Setelah lelah menempuh perjalanan dari Bogor, akhirnya tiba juga di Bandung. Hal yang terpintas adalah menghubungi atau mengunjungi salah satu teman yang kuliah disana, syukur-syukur dapet tumpangan buat tidur semalam #ngarep. Tapi malang bagi kita waktu sudah siang menjelang sore tapi tumpangan kostan belum dapet juga, pada akhirnya kita menemui teman SMA yang kuliah di daerah Ciumbuleuit, yang kita temui cewek, kali ini bukan mau minta tumpangan buat tidur semalem di kostannya #gubrak, tapi cuma sekedar silaturahmi dan nanya-nanya seputar rute dan tempat wisata. Kami beristirahat, makan dan berbincang di Punclut, sungguh nyaman rasanya makan disana, apalagi dengan suguhan pemandangan kota Bandung yang membentang, siang aja keren viewnya, apalagi malem kali yah.

Melahap Ayam Bakar di Punclut

10 jam di Geger Kalong, kost-annya Gito. Akhirnya kami dapat juga tempat buat istirahat tidur semalam saja #lol. Kita dapet tebengan di kost-an Gito, adik kelas waktu di SMA dan juga adiknya temen kita juga, beliau kuliah di IT Telkom/STT Telkom *maaf jika salah penulisan. Legaaaaaaa rasanya bisa rebahan, tapi gak enak juga kostan orang jadi sumpek, dibajak pria-pria bapuk yang ceritanya mau ngebolang di Bandung, hahahaha...

Killing Time, Poker Time

8 jam menikmati alam Lembang & Tangkuban Parahu. Pagi-pagi setelah sarapan kami bergegas ke arah Lembang menuju Tangkuban Parahu, dari kami ber enam tidak ada yang hapal jalan menuju kesana, satu-satunya cara adalah menanyakan ke teman by sms, berselancar di dunia maya, cek blog yang membahas rute ke Tangkuban Parahu. Alhamdulillah tiba dengan selamat dan tidak kesasar, hal itu berkat penanda arah jalan yang cukup baik di Bandung. Meskipun bukan yang pertama kalinya ke Tangkuban Parahu, tapi tetap menarik bagi saya, keindahan alamnya benar-benar gak ngebosenin. Saya dan teman-teman coba menikmati setiap sudut Tangkuban Parahu sambil berfoto-foto tentunya #lol. Ada pengalaman baru ketika itu, saya baru tahu kalau disana ada Goa, dan setelah kita telusuri ternyata memang ada, cuman sayangnya sepertinya dipakai buat bertapa yang gitu-gitu deh, terus terang saya gak suka hal-hal yang berbau mistis ada ditempat wisata.

Suasana Parkiran di Tangkuban Parahu

6 jam kebingungan di Lapangan Gasibu. Setelah puas menikmati alam Tangkuban Parahu, kami bergegas menuju Gasibu, niatnya mau ketemu temen SMA yang ngekost di daerah sana, tapi apesnya dengan berbagai alasan kita gagal mendapatkan kostan yang mau kita bajak hanya semalam. Karena waktu sudah maghrib, kami putuskan untuk istirahat, sholat, makan dan bersih-bersih (mandi) disekitar Gasibu. Beruntung bagi kami karena masjid di UNPAD bisa dipakai mandi meskipun agak ngumpet-ngumpet mandinya #lol. Waktu menujukan pukul 8 malam pada saat itu, dan kami masih kebingungan mencari tempat untuk tidur, beberapa menit kemudian, suasana di sekita Gasibu menjadi sangat ramai dan gaduh, ternyata eh ternyata ada balapan liar, yasudah deh daripada pusing mikirin tempat buat tidur, pada akhirnya kami semua terhipnotis menyaksikan balapan liar #gubrak. Hampir 6 jam di Gasibu pada mulanya kami putuskan untuk tidur di Mobil saja di area Gasibu, tapi feeling kami semua bener-bener kurang enak kalau mobil berplat F markir sendiri di area Gasibu, pada akhirnya kita beranjak dari Gasibu karena takut terjadi sesuatu.

Iseng Berfoto di Depan Monumen Pancasila

5 jam nongkrong di Dago Plaza. Akhirnya dapet tempat yang cukup aman buat tidur, beruntung Dago Plaza buka 24 jam pada saat itu. Kami tiba di Dago Plaza tengah malam, karena saya sangat lelah maka saya dan seorang teman memutuskan untuk tidur saja di dalam mobil di area parkiran Dago Plaza, sementara yang lain nongkrong di cafe sembari nonton piala dunia.

10 jam keliling kota Bandung, Ciwalk - Braga - Pasar Baru - Hunting Kartikasari. Hari terkahir kami putuskan untuk berkeliling kota Bandung sambil hunting oleh-oleh. Perjalanan di mulai di Cihampelas, cuci mata siapa tau ada yang pengen di beli buat oleh-oleh, setelah puas jalan-jalan di Cihampelas dilanjut menuju pasar baru, tapi kami buta arah jalan, beberapa jam berputar-putar tapi malah tiba di Braga, walaupun tidak lama di jalan Braga tapi saya cukup menikmati suasana lain dari kota Bandung yang biasa saya lihat, banyak lukisan disana, suasananya cukup klasik tapi eksklusif. Dengan bermodalkan papan penujuk arah jalan, akhirnya kami tiba di Pasar Baru, cukup berat menuju ke lokasi ini, karena sempat nyasar, dan yang paling males, macetnya itu loh #mad. Puas berbelanja oleh-oleh murah di Pasar Baru tujuan terkahir kami adalah berburu Brownies Kartikasari, kalau buat saya ini kewajiban karena pesenan orang rumah, jadi bener-bener wajib dibeli.

Kami ber enam beranjak dari kota Bandung menuju perjalanan pulang ke Bogor kira-kira pukul 6 sore, tiba di rumah masing-masih tengah malam, pengalaman seru!. Oh ya, kalau menurut saya gak perlu takut kesasar kalau ke Bandung, apalagi kalau sudah masuk kota Bandung, dijamin gak akan nyasar, nyasar pun paling masih disekitar Bandung, karena jalan di Bandung memang tidak seribet jalanan di Jakarta, jadi tidak perlu khawatir jika jalan-jalan ke Bandung tapi buta arah, ikutin saja papan penunjuk arah dijamin akan sampai tujuan, seperti yang kami lalukan #lol see you next time Bandung!


26 komentar:

Arif Chasan

wiiih.... mantaaap.... XD
makanan sunda gak ada matinya.... XD

BUDIMAN ARIEF

Jadi pengen mudik... hohohoho

yisha

wah, seneng bangets liat foto foto.
keren!!!

zone

bandung emng eksotis kata beberapa orang....
pas ke sana saya tidak menemukan keeksotisannya di sebelah mana...
:P

Nurmayanti Zain

wahhh kayak berasa tour ke bandung XD super seru...!

dokunimus

Ngebolang di kota parahyangan.

Bagus thu kalau dibikin video terus ditampilkan ke trans 7 " Bolang ke Bandung Oi.. "

Setuju ?

Indra Gumilar

@arif : betul, apalgi bakar pete, ikan asin ditambah sambel terasi :D

@budiman : orang bandung nih om?

@yisha : ngeledek nh :p

@zone : tiap orang beda2 pandangannya sob,eheheh...

@nurmayanti : emang tour mbak -,-

@dokunimus : setuju :D

Aldio Blog

jadi kangen bandung ane, setelah waktu kelas 6 sd pindah ke jogja :D

Indra Gumilar

@aldio : wah orang rantauan nh mas bro :)

sepatu kerja pria

liat monumen pancasila jadi inget waktu saya orator gan,bandung memang indah

Indra Gumilar

@sepatu : dalam rangka apa gan?, lagi demo?

Falzart Plain

Berapa lama saya tidak ke Bandung, ya? Waktu itu juga saya hanya sekedar lewat saja. Hehehe...

Indra Gumilar

@Falzart : ane juga jarang2 gan :D

saidialhady

asik nih keliling2 bandung.. dari dulu mau ke kawah putih gak jadi2.. :(

udin

jasa back link

Indra Gumilar

@saidialhady : ane juga belum pernah kesana bro, png banget kesana...

@udin : ga ngerti ane o_O

agam

kalo ane 24 jm di tangerang bro xD :P

Indra Gumilar

@agam : maen2 ke bandung lah bro,ahahahaha... :p

Ely Meyer

fotonya cantik cantik :)

Ratnawati Utami

tinggal di bogor ya? aku ke bandung jalan-jalannya gak sampai seheboh ini. ke Bandung soalnya ada urusan di Bogor

Sakahayang Kang Asep

Yang paling Asyik itu sob di Tangkuban Perahu.
Sudah lama sekali saya belum kesana lagi,, sekarang ini ingin rasanya saat liburan membawa anak2 saya berlibur ke sana ,,,

Happy blogging

Indra Gumilar

@ratnawati utami : ia, mbak, wah heboh ya? :D jadi malu... (-_-")

@sakahayang: mudah2an cepet2 bisa kesana ya kang sama putra2nya,hehehe...

Urang Kampoeng

Ko g ada petai nya sich..kurang afdol tuch.hehe
wach....ada kartunya juga yuk akh maen poker sama saya, ato JB(joker banting).hehe

Tri Setyo Wijanarko

wah cuma seputaran kota bandung dan tangkuban perahu aja ya.. coba deh lain kali trekking dari dago pakar (taman hutan raja juanda) sampai lembang.. pasti seru deh.. salam kenal..

Indra Gumilar

@urang kampoeng : hahaha ga kefikiran makan pete wkt itu...

@tri : makasih infonya, waktu itu soalnya dadakan ini planing jalan2 ke bandungnya,hehehe...

HA Peduli

postingan yang sangat menarik :)
sangat bermanfaat.. ^_^
keep posting yaa..

ingin barang bekas lebih bermanfaat ?
kunjungi website kami, dan mari kita beramal bersama.. :)

Silahkan Beri Komentar :)

|Mohon Diperhatikan Rulenya|

Dimohon agar tidak menyertakan link pada isian komentar yang rekan sekalian tulis, karena akan dianggap spam & dengan berat hati saya hapus. Sudah disediakan pilihan identitas name/url untuk menuju ke blog anda, mohon gunakan sebaik mungkin :)