Oct 30, 2011

Journey To Green Canyon : Sensasi Body Rafting Dari Pemula

Berpose di depan pintu gerbang Green Canyon, Ciamis, Jabar
Body rafting seperti yang kita ketahui merupakan kegiatan mengarungi jeram, tetapi media utama yang digunakan tidak menggunakan perahu karet pada umumnya melainkan peralatan keselamatan rafting yang umum digunakan berupa pelampung, helm, pelindung lutut, kita tinggal nyebur saja mengikuti arus sungai. Meski mudah namun sensasinya sungguh luar biasa, selain itu perlu pula kehati - hatian kala mengarungi sungai apalagi ketika melewati jeram, karena banyak sekali bebatuan yang bisa mencelakakan kita jika tidak hati - hati. Di Indonesia tempat body rafting yang cukup terkenal dan banyak dikunjungi terletak di kawasan wisata Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat,  tepatnya di Green Canyon (Desa Kertayasa, Ciamis, Jawa Barat).

Kemarin, baru saja saya ber-body rafting ria di Green Canyon. Ceritanya saya & teman - teman SMA seperti biasanya pada waktu tertentu merencanakan pergi berlibur bersama. Untuk kesempatan kali ini ternyata yang ikut bergabung hanya 6 orang karena teman - teman yang lain punya kesibukan yang tidak bisa diganggu. Kami merencanakan berwisata ke Pangandaran dan mencoba sensasi body rafting di Green Canyon. Perjalanan liburan kali ini cukup gila, berangkat hari Jumat jam 8 malam dari bogor dan ternyata pulangnya (tanpa saya ketahui) esok harinya setelah body rafting, pada awalnya saya pikir pulang hari minggu makanya persiapan baju dan lain - lain lumayan banyak, tapi ternyata cuma beberapa jam saja disana dan langsung pulang ke Bogor.

Jumat 28 Oktober 2011. Kami berangkat sekitar pukul 8 malam, perjalanan yang sangat panjang di mulai dari Bogor melalui Tol Cipularang, Nagreg, Ciamis, Banjar, Pangandaran dan tiba di Green Canyon sekitar pukul setengah 8 pagi. Kalo dihitung memakan waktu sekitar 12 jam, syukur Alhamdulillah perjalanannya sangat lancar karena sebagian besar dari kami yang ikut bisa mengendarai mobil dan punya jam terbang yang banyak jadi bisa bergantian mengemudikan mobilnya.

Sabtu, 29 Oktober 2011. Sesampainya di lokasi, saya ditelepon oleh pemilik jasa wisata yang akan kami gunakan untuk body rafting. Jasa wisata yang kami gunakan adalah Kisunda Adventure yang lokasi home stay/base campnya tidak jauh dari pintu gerbang Green Canyon. Kami disambut dengan sangat hangat oleh pemilik jasa wisata dan beberapa orang guide disana yang tampak sedang berkumpul. Pada saat itu ternyata ada rombongan lain juga dari Jakarta yang sedang menikmati sarapan, kami pun ditawari untuk sarapan, namun kami tolak karena sebelum ke lokasi sudah sarapan,hehehe.... Saya dan teman memutuskan untuk istirahat terlebih dahulu sebelum memulai body rafting.

Sekitar pukul 9 pagi kami ditawari untuk berangkat bersama rombongan dari Jakarta menuju ke lokasi body rafting, dan dengan semangat kami "iya" kan meskipun badan masih sedikit lelah karena kurang tidur, namun tampaknya akan lebih seru berangkat rame - rame. Setelah semua siap, kami berangkat dari base camp menuju lokasi awal pengarungan sungai dengan menggunakan truk bersama rombongan dari Jakarta.

Dengan didampingi dua orang guide yakni Kang Dadang & Kang Tatang, saya dan teman - teman menjadi kelompok yang pertama yang terjun mengarungi sungai. Kondisi sungai pada saat itu warna airnya yang biasanya hijau tosca jernih namun kini berwarna kecoklatan, dan menurut salah satu guide debit airnya agak lebih besar dari biasanya namun masih bisa digunakan untuk body rafting, mungkin perubahan kondisi sungai disebabkan oleh hujan yang turun di daerah tersebut pada malam harinya.

Sepuluh menit pertama kami lalui dengan tertawa - tawa ceria sembari berfoto ria, namun wajah mulai berubah jadi agak tegang dan adrenalin mulai terpacu ketika mengarungi jeram, ketika melalui jeram kami diinstruksikan agar kaki berada didepan dengan posisi badan terlentang, agar ketika ada batu, kaki bisa menahan terlebih dahulu. Namun instruksi tersebut tak selamanya saya lakukan dengan mulus, seperti yang terjadi di jeram yang kedua, karena posisi terjun saya yang salah,  akhirnya terpental dan mulai panik ketika batu - batu mulai menggores - gores celana saya, wal hasil saya kehilangan kendali dan terbawa arus, sempat tenggelam beberapa detik sampai akhirnya dengan cekatan Kang Dadang menarik saya ketepian batu, fuihhhh... saat itu saya sangat shock, tapi kalau diceritakan kembali seperti ini jadi lucu & malu rasanya, karena selain terombang ambing arus, celana saya sobek dibagian belakang, bahkan diakhir pengarungan, sobeknya makin besar, bagian celana saya sebelah kiri sobek memanjang dari atas sampai bawah :-D

Ternyata jeram yang kedua ini memakan korban lain,hihihihi....salah satu teman saya pun ada yang bernasib sama dengan saya, namun kami semua sempat panik ketika dia tenggelam beberapa detik lebih lama dari saya sebelum muncul kepermukaan dan bergegas ditarik oleh para guide kami yang sangat mahir.

Sejak kejadian di jeram yang kedua tersebut kami jadi agak tegang, namun guide kami menginstruksikan agar lebih semangat lagi dan jangan panik, karena kunci untuk cepat nyampe adalah semangat,hihihi... Setelah sekitar satu jam perjalanan,  kami beristirahat, mengisi tenaga, makan, minum dan berfoto - foto.

Tidak semua jeram kami lalui dengan terjun ke air, ada beberapa jeram yang harus dilalui lewat pinggir aliran sungai melalui dinding - dinding batu yang curam, karena kondisi akan sangat berbahaya jika dilalui dengan terjun ke air. Saya sangat salut kepada para guide yang memandu wisatawan yang melakukan kegiatan body rafting disana, sangat mahir membaca arus dan mengantisipasi hal - hal yang tidak diinginkan. Salute!

Menjelang finish, ada kejadian yang sebenernya gak boleh saya tertawakan tapi memang lucu jika diingat kembali. Ceritanya satu per satu kami terjun untuk melalui jeram yang tidak begitu deras arusnya, ada salah satu teman saya yang ketika melalui jeram tersebut, celananya tersangkut di bebatuan yang tajam yang tidak terlihat, tampak teman saya tersebut panik dengan berteriak - teriak bahwa celananya tersangkut, untung saja air yg dilalui tidak begitu dalam, dan untungnya lagi posisi teman saya tersebut masih duduk, jadi dia bisa mengendalikan posisinya agar tidak tenggelam. Namun syukur Alhamdulillah dengan cekatan guide kami membantu melepaskan celana yang tersangkut tersebut, fuihhh... lega deh.

Waktu menunjukan pukul 14.00, kami sudah berada diujung pengarungan. Sebelum menepi ke garis finish, dua teman saya mencoba terjun di ngarai setinggi 8 -10 meter yang sangat terkenal, orang - orang lebih mengenalnya dengan sebutan bantu loncat. Tapi sayangnya saya tidak mencobanya karena kondisi badan saya sudah sangat lelah, mengingat belum tidur semalaman sepanjang perjalanan menuju Green Canyon, so karena takut terjadi terjadi apa-apa jadinya saya dan tiga orang teman yang lain terjun lewat samping saja menuju perahu yang menjemput kami di cukang taneuh.

Sekitar pukul setengah tiga sore kelompok kami tiba lebih dulu di base camp, kalau dihitung - hitung, mulai dari hulu sampai ke garis finish, kita telah menghabiskan waktu selama 4 jam untuk mengarungi ekstrimnya arus air pada saat itu. Cool!. Setelah bersih - bersih dilanjut dengan minum air kelapa muda & makan siang yang telah disediakan.

Kami sempat beristirahat beberapa jam disana kemudian bergegas pulang menuju bogor pada pukul 5 sore. Kami tiba di rumah masing-masing pada pukul setengah 5 subuh. Damn, great adventure!!, unforgettable moments!!

photo 01 photo 02 photo 03

Info biaya selama perjalanan hingga pulang :
- Bensin + Biaya Tol (PP) Rp. 600.000/ 6 orang (per org Rp.100.000,-)
- Sewa jasa wisata body rafting Rp. 850.000/ 6 orang (per org Rp. 140.000,-)
 Jadi total biaya per orang diluar keperluan pribadi adalah Rp. 240.000,-

Jasa wisata body rafting yang digunakan Kisunda Adventure dengan fasilitas yang didapat :
- base camp untuk beristirahat
- life jacket
- helm
- pelindung kaki/lutut
- sendal gunung
- kelapa muda
- makan siang
- guide
- kantong anti air untuk menyimpan kamera, makanan dll.
Kalo ada yang berminat menggunakan jasa dari Kisunda Adventure bisa menghubungi nomor 085317926814 (Dadang Zippo)