Jun 18, 2010

TIKI & JNE, menyebalkan!


Baru kali ini saya kesal banget sama jasa pengiriman tersebut, bukan tanpa alasan jadi ceritanya saya belanja on-line di kaskus, saya membeli frame kacamata. Awalnya berjalan mulus, seller-nya pun bisa dipercaya. Nah setelah deal, uang di transfer, barang yang saya pesen dikirim lah ke rumah. Memang agak lama, soalnya saya pesan barang hari jumat sore & JNE weekend kan gak beroperasi.

Permasalahannya muncul ketika si agen yang mengirimkan barang pesenan saya itu tiba dirumah pada selasa sore, saat pertama kali menerima box yang berisi barang pesenan saya itu, alis mata saya agak naik yang sebelah, sinetron bgt!, ya saya miris banget liat box-nya kusut/penyok/kusam/kucel. Bekas isolatif/lakban pun udah gak nempel lagi, keliatan banget seperti abis dibuka.

Karena saking senengnya saya gak pedulikan kondisi box, gak lama setelah si kurir pergi, saya bergegas masuk kamar buat buka box-nya. Dan ternyata apa yang saya lihat, framenya ikutan kusut juga, sekat/penyangga hidungnya patah sebelah, selain itu lensanya juga retak - retak. Tapi anehnya bekas patahan kacamatanya gak ada di bungkusan tersebut. Grrrr!, haduh lemes banget saat itu, barang yang ditunggu lama tiba dirumah dengan kondisi hancur. Tanpa berfikir panjang saya hubungi seller-nya dan mengirimkan foto bukti hancurnya pesenan frame saya ke e-mail seller tersebut. Dan syukur Alhamdulillah seller-nya mau mengganti barang yang rusak tersebut dengan syarat barang yang rusak itu dikirim dulu setelah itu baru barang pengganti dikirim balik.

Nah, keesokan harinya, saya kirim tuh barang yang rusak tadi lewat jasa pengiriman yang berbeda, karena saya agak kecewa dengan JNE jadi saya coba layanan yang lain yaitu TIKI. Saya mengambil layanan TIKI depok yang dekat dengan kampus saya, di Gunadarma. Karena saya merasa sedang butuh banget dengan kacamatanya maka saya pilih paket kilat dengan harapan dikirim balik dengan segera pula. Tapi sekali lagi saya kecewa, meski barang saya kirim melalui paket kilat namun sampai saat ini (sudah sekitar 3 hari) barang tersebut belum tiba ditujuan, padahal tujuannya di Bintaro dan saya menggunakan layanannya di Depok, gak jauh banget kan!, buat apa bayar mahal - mahal kalo gitu, pheww!. Nanti siang rencananya saya akan ke tempat TIKI depok tersebut untuk menanyakan nasib barang yang saya kirim.

Huh!,apakah jasa layanan pengiriman barang selalu gini?, saya browsing mengenai jasa layanan ini (JNE & TIKI-red), ketika saya baca sebuah forum yang membahas TIKI & JNE, ternyata banyak juga yang kecewa, ada yang kehilangan barangnya, ada yang pengirimannya lama, ada yang barangnya hancur. Hey what the hell is going on!

16 komentar:

Miss Rinda

duh yg sabar y @_@?
kmrn jg aq dpt kriman paket tp sellernya slh krim jd terpaksa ngirim balik deh,lmyn ongkir 12rb Bdg-Jkt -_-

saidialhady

turut berduka gan atas masalahnya..

tapi ane juga sering ngirim lewat JNE, alhamdulillah mulus2 aja tuh.. tapi kalo TIKI gak pernah gan.. :D

Tx udah share,,, jadi lebih hati2 lagi..

Yan D. Sasongko

hampir sama dengan apa yg pernah aku alamin sob, aku jg bingung mereka sebenarnya pada niat kerja apa gx sih maunya gaji buta doank.....

Zippy

Parah tuh klo barangnya dikirim ke Jayapura dan hasilnya pecah gitu.
Maklum, ongkir ke Jayapura muahal banget, 60'rban.

Indra

@Miss Rinda :sipp mksh, yang sabar juga yah,hehe... :p

@saidialhady : sipp gan makasih,hehe...hati2 gan...

@Yan D.Sasongko : parahnya lg kalo barang udah ilang sob, alesannya kadang suka mengada2, dibilng dikira ada narkoba dll,grrr...

@Zippy : waduh repot bgt ya, tp mudah2an gak menimpa anda dh sob :D

om rame

turut berduka cita-cita.
saya juga suka pake jasa pengirim TIKI, tapi aLahmduLiLah kondisi barang muLus-muLus aja, cuma kadang suka terLambat sampainya enggak sesuai dengan perjanjian.

semoga aja ada perbaikan pada management perusahaan beLiau-beLiau.

seLamat menyeLesesaikan tugas kemahasiswaannya, semoga mendapatkan apa yang diharapkan secara ideaL.

seLamat istirahat, terima kasih.

Akmal Fahrurizal

waduuh turut berduka cita..
aku belum pernah punya pengalaman menggunakan jasa kirim barang..tapi pengalaman si bos ini bisa dijadiin prtimbangan nih klo ntar aku perlu jasa kaya gitu . .
Thanks berat sob.. :)

ARUS RASYID

Terima kasih infonya kawan. Ini menjadi kehati-hatian saya dan juga kita semua atas kredibilitas jasa pengriman semacam itu.
Semoga saja pesanan framenya cepat diterima ya

Chandra_muhammad

waaah , sabaay ya cuy ;)

om rame

siang om... gimana sudah dapat kabar baik dari TIKI?.
seLamat menjaLankan aktifitas aja, saLam sukses seLaLu.

kakve_santi

kayanya bisa jadi bahan refrensi saya nih

Indra

@om_rame : belum nyampe om barangnya, TIKInya tadi tutup :(

@Akmal Fahrurizal : sipp, mesti d fikir2 ulang menggunakan layanan ini meski pd dasarnya manfaatnya gede...

@ARUS RASYID : makasih, ia mudah2n cpt nyampe..

@Chandra_muhammad : sipp mksh cuy :)

@kakve_santi : yup, mudah2n..

om rame

wah kaLo gitu hari senin perLu disatronin Lagi tuh, bikin capek deh aja. yang sabar yah sob, semoga apa yang diharapkan dapat tereaLisasikan tanpa mengaLami kendaLa yang berarti.

kaLo hari sabtu masih berangkat kuLiah, berarti itungannya Lembur dong. hehehe... piss ach.

seLamat berakhir pekan, semoga om_indra dan keLuarga seLaLu daLam keadaan sehat afiat.

Ahmad

Saya sih belum pernah kena masalah yang begitu serius dengan kedua kurir tersebut. Tapi, bukannya kalo barang yg mudah pecah ( seperti kacamata juga ) sebaiknya ditandai sebagai "barang pecah belah" oleh si pengirim ya? Kalo memang udah ditandai & masih pecah juga, kurir biasanya akan ngasi kompensasi.
Kalo soal kilat, itu sih biasanya tergantung kapasitas gudang juga. Kalo lagi overload, kilat bisa lebih dari 3 hari. Tapi kalo lagi kosong, service reguler juga 1 hari sampe. Saya biasa pake reguler ke kota2 besar, sehari juga sampe :D

Gie alfonsin

sama gan ane ngirim mug lewat JNE 2 x berturut2 Pecah Terus!! yg pertama pake pket reguler.. dapat laporan dari konsumen ane, mug nya pecah sesampai disana.. trus ane komplain.. katanya pegawainya kemarinkan dah disarankan utk diasuransikan.. trus ane coba ikutin aturan dia.. ane kirim lg mug tapi pake asuransi, walaupun harganya ga masuk akal...harga mug Rp. 35.000,- biaya pengirimannya + asuransi jadi Rp. 25.000,- lebih. saya hampir ga dapet untung itu, tapi saya penasaran apakah benar setelah di asuransikan barang aman.dan akhirnya ane kirim lah.. dan tadi ane dapet kabar dari konsumen ane berikut buktinya mugnya kembali pecah.. trus ane komplain lg ke JNE untuk meminta ganti ruginya, karena sudah saya asuransikan. Dan di jawab harus melalui proses berbelit. harus pakai formulir, foto kopi ktp + proses penggantian 14 hari.. saya hanya bisa bengong gan.. terus parahnya lagi harus dilengkapi lagi dengan bon pembelian.. Saya tambah bengong.. pembelian apaan nih..?? lah kan saya si penjual.. itu mug saya produksi sendiri.. trus bon pembelian mana yg harus saya kasih..?? tanpa bon pembelian tidak bisa di ganti rugi.. jd pegawainya bener2 bloon bloon semua.. parah, sudah itu tidak didampingi oleh si empunya Cabang JNE nya Lagi.. padahal parah gitu.. Alamat JNEnya di Jl. M. Yusuf Raya No. 5 Depok II Tengah. Paraaah bener.. saya benar2 sangat kecewa & merasa sangat dirugikan, karena saya bisa kehilangan kepercayaan dari konsumen saya. :(

Indra Gumilar

@gie alfonsin : wah parah kalo gitu gan :turutberduka desak terus aja gan, buat apa ada asuransi kalo ga bisa dicairkan, kalo menurut ane perjuangin gan, gak apa2 nilainya gak gede, yang penting ada tanggung jawab dr pihak JNEnya, nnt kebiasaan tuh JNEnya, makan gaji buta dari biaya asuransi :cd kalo ngg komplain by e-mail aja ke JNE pusat...

Silahkan Beri Komentar :)

|Mohon Diperhatikan Rulenya|

Dimohon agar tidak menyertakan link pada isian komentar yang rekan sekalian tulis, karena akan dianggap spam & dengan berat hati saya hapus. Sudah disediakan pilihan identitas name/url untuk menuju ke blog anda, mohon gunakan sebaik mungkin :)