Dec 3, 2009

Bahasa Indonesiaku "Jadi Aneh"

Bahasa Indonesiaku yang indah jadi tampak aneh kini (dari segi tulisan). Hal tersebut saya rasakan ketika melihat tulisan/pesan/komentar pada situs - situs jejaring sosial yang terkenal di Indonesia seperti facebook dan friendster yang rata - rata penggunannya adalah remaja.

Teman - teman sesekali bisa meneliti atau iseng - iseng mencoba lihat gaya tulisan teman anda yang remaja pada situs facebook atau friendster,mungkin teman - teman akan melihat kalimat dalam bahasa Indonesia yang cara penulisannya seperti berikut ini :

kata  aku berubah jadi akk/aqyu/akoh
kata lagi berubah jadi agy/aggii/agiie
kata kamu berubah jadi kmm/qmu/kamoh
kata kawan berubah jadi kawand/kawant
kata sakit berubah jadi sakid/saqit/sakidt

contoh kalimatnya akoh saiiank kamoh

Contoh - contoh tersebut saya copy-paste langsung di TKP (facebook-red) dan contoh tersebut masih sebagian dari banyaknya bahasa Indonesia yang berubah/diubah oleh sebagian pengguna situs jejaring sosial tersebut.

Bagi saya kata - kata yang diubah tersebut cukup mengganggu selain karena sukar untuk dibaca dan dimengerti, disisi lain jelas tergambar kemauan generasi muda untuk berbahasa yang baik dan benar baik dari segi lisan maupun tulisan sangat kecil, hal tersebut tidak terlepas dari budaya modern yang banyak mempengaruhi. Mungkin saja tulisan - tulisan tersebut dianggap ciri khas bagi remaja yang "gaul" namun tampak berlebihan menurut saya. Setelah saya telusuri ternyata orang yang menuliskan gaya tulisan seperti itu banyak yang menyebutnya "alay", entah apa filosofi julukan alay tersebut yang saya tahu orang yang merubah tulisan menjadi sukar dibaca seperti diatas dapat dikategorikan alay selain ciri - ciri lain yakni dari kebiasaan berpakaian dan cara bergaul.

Di Indonesia sendiri sebenarnya sudah dikenal bahasa "Slank", semacam bahasa gaul atau sedikit plesetan dari kata - kata tertentu, contoh OMG (Oh My God), Kemek (makan), Boker ("mohon maaf"-buang air besar) tapi penggunaannya tidak menyeluruh maksudnya dalam satu paragraf hanya ada satu kata "Slank" yang digunakan. Berbeda kan dengan yang saya contohkan tadi.

11 komentar:

meizoel

anak gaaaaaaaaaaul x

gitu z repot
wkwkwkwkwkwkkw

Awaluddin Jamal

betul banget sob..,

bikin susah saja buat nge-bacanya..,

Masa yang ditulis "eang".., sangat ditulis "cangadh".., Luar Biasa..,

Lama-lama EYD dirubah menjadi EYDA (ejaan yang di- alaykan)..,

BBG

Mungkin ini sebuah Evolusi bahasa, biarkan saja lah, toh klo dirasa sulit mereka gunakan pastinya akan berubah-ubah mencari bentuk terbaiknya Hwkwkwkwkwkwk
Sorry barangkali salah-salah kata (komen pertama in here)

Indra

@izul : plis deh,hahahaha...


@Awaluddin : hehehehe....bener sob EYDA, lucu juga,hehehe...


@BBG : It's ok sobat...!!,salam kenal...

Agung Aritanto

mungkin para remaja membuat itu semua membuktikan bahwa itulah ciri khas remaja

andrii

apalagi saya mas :(

genial

wah... jd nya gmn tuh?!?!?!?

Indra

@andrii : kita harus sama2 bersabar,hihihi (duh ngmng ap sih gw)


@genial : maaf sob maksudnya gmn apanya yah?,hehehe....ag kurang ku mengerti,hehe...peace...

Indra

@Agung Aritanto : yup menurut sy juga begitu tapi tetap sj daku kurang suka,hehehe... :p

Dea Amelia

setuju bgt bro, yg kayak gitu emg alay+lebay bgt..

kayak gitu kok ngata2in bngsa lain nyuri kebudayaan kita, lha wong bahasa sendiri aja gak dilestarikan dan digunakan dengan baik kok..

talk less do more, dong..

hehe..
maaf klo jadi emosii..

peace..

so nice post, bro..

Indra

@dea amelia : mksh y :)

gak apa2 menggebu2, nice komen ^^b

Silahkan Beri Komentar :)

|Mohon Diperhatikan Rulenya|

Dimohon agar tidak menyertakan link pada isian komentar yang rekan sekalian tulis, karena akan dianggap spam & dengan berat hati saya hapus. Sudah disediakan pilihan identitas name/url untuk menuju ke blog anda, mohon gunakan sebaik mungkin :)